Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Custom Domain Web di Blogspot

Selamat pagi sobat celoteh. Pagi hari ini sangat baik sekali dengan cuaca yang cerah nan mendukung. Dan mungkin waktu yang tepat, saya berbagi kepada sahabat mengenail custom domain 😍😍

Custom domain sebenarnya tidak wajib ya, hanya saja beberapa orang tidak nyaman dengan domain dari blogspot termasuk saya sendiri 😄😄. Alasannya apa? Ya. Tentu karena kurang profesional. Contoh nama situs saya(domain) selerabersama maka dengan memakai blogspot menjadi selerabersama.blogspot.com Nah dengan adanya blogspot tersebut mencirikan bahwa web yang dibuat sifatnya Gratisan.

Cara Custom Domain pada Blosgpot dengan Mudah

Nah agar nggak kelihatan gratisan dan terkesan lebih profesional maka blogger juga mengijinkan penggunaan domain lain atau custom domain, sehingga lebih praktis.

Ok, disimak ya. Karena kita mau mengganti domain maka tentunya kamu sudah memikirkan nama domain dan segera membeli (register) domain tersebut agar tidak diambil orang. Ada banyak layanan penyedia domain, kalau saya pribadi lebih suka menggunakan domain register dari Qwords atau layanan kesukaan kamu. Pastikan bahwa layanan domain register mengizinkan untuk pengaturan DNS (Domain Name Server).

Berikut langkahnya


Silahkan kamu masuk ke akun layanan domain kamu dan atur DNS nya seperi gambar dibawah ini. Ada beberapa layanan berbeda-beda. Jika mengalami kesulitan bisa minta bantu ke layanan domain tempat kamu membeli.

Pastikan untuk isi Address (value) kamu isi sama persis seperti diatas ya. Untuk Host Name kamu bisa isi nama situs(domain) yang kamu beli. Cara pengisiannya satu-satu kemudia SAVE dan buat lagi ARECORD nya sampai 4 (216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21).

Setelah kamu membuat Arecord sekarang kamu buat CName nya. Caranya adalah kamu masuk ke dasboard(admin) blogger situs kamu. Kemudian klik Menu Setting dan pilih Basic kemudian Setup a third-party URL atau bisa lihat dibawah ini

Silahkan isi nama domain sesuai yang kamu beli diregister. Setelah isi jangan lupa klik SAVE ya. Kemudian kamu akan melihat CName pengaturan yang diberikan oleh Blogger situs kamu. Catat CName nya di Notepad.

CName yang kamu peroleh selanjutnya saling ke layanan penyedia domain kamu kembali dan lakukan konfigurasi disana. Silahkan masuk ke akun layanan domain tepat kamu membeli tadi dan isi seperti dibawah ini

Setelah semuanya disetting dan langkah terakhir adalah SAVE pada akun domain dan SAVE juga pada akun blogger kamu kembali. Jika error silahkan tunggu 5-10 menit untuk proses propagansi, SAVE kembali. Jika sudah terhubung maka kamu bisa akses domain yang baru tadi dan akan diarahkan ke blogspot kamu. Sehingga situs kamu sudah menggunakan domain TLD (.com, .net, dll)

Oke langkah untuk Cara Mudah Custom Domain Web di Blogspot sudah selesai, semoga website kamu sudah menggunakan domain berbayar dan tidak gratisan lagi ya 😌😌
Maskobus
Maskobus Hi, myself Maskobus, the founder of this blog. Being …