Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kebosanan Seorang Blogger Pemula

Hai sobat sudah cukup lama tidak update artikel di celotehweb. Ada beberapa kesibukan sehingga tidak sempat update. Hehe. Bagaimana dengan sobat?

Hari ini saya akan berbagi untuk kamu khususnya bagi seorang blogger pemula (sama seperti saya). Masalah bagi seorang blogger itu bukan pada bagaimana cara membuat web yang bagus, unik dan menarik lho. Masalah ini hanya masalah teknis semata. Namun ada hal yang lebih dari itu, apa itu?

Cara Mengatasi Kebosanan Seorang Blogger Pemula

Masalah utamanya terletak pada content (isi artikel/update). Ya, masalah yang terberat adalah bagaimana mengisi artikel, update setelah blog/web kamu selesai dibuat. Ingat, bahwa membuat web blog itu hanya beberapa menit atau jam saja. Namun bagaimana membuat konten yang menarik dan original (tidak copas) adalah membosankan, lelah, kehabisan ide.

Masalah diatas juga saya alami kok hingga saat ini, namun kelemahan itu harus dilawan ya sob, jika tidak akan merambat lo. Nah saya akan sedikit berbagi bagaimana cara mengatasi permasalahan itu dan tentunya sesuai pengalaman saya ya.

Pertama Pastikan dulu bahwa tujuan kita menjadi blogger adalah BUKAN karena UANG. Kalau tujuan awal kita membangun web hanya untuk uang, lebih baik kamu tinggalkan blognya dan cari alternatif lain. Sudah dipastikan kalau tujuan awal ini maka kamu akan kehabisan ide untuk menulis dan malas untuk memikirkan konten. Karena kamu akan berfikir "kok sejauh ini tidak menghasilkan ya blog saya". Jika pernyataan ini sudah muncul dipikiran kamu maka sudah pasti blog gak bakal terurus.

Kedua buatlah konten yang sesuai keahlianmu atau kebiasanmu. Ini penting ya sob, jadilah diri kamu sendiri. Jika kamu membuat konten sesuai kebiasanmu dan keahlianmu maka ide-ide segar akan muncul kok setiap harinya dan rasanya ingin menulis ke blog kamu. Jika kamu tidak punya jati sendiri dalam blog maka kamu akan terbiasa dengan copy paste blog orang. Saran saya sih mulai sekarang buat blog yang original walupun hanya postingan keseharian. Google akan suka dengan itu kok (natural).

Ketiga sering-seringlah cari udaraa segar (keluar). Ini yang sering saya lakukan, jadi ketika saya keluar rumah, tas selalu saya bawa dan tentunya laptopnya juga 😄😄. Cari tempat yang tenang dan nyaman. Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan referensinya yaitu pantai, tepi sungai, sawah, kebun, dll. Membuat konten atau isi artikel di alam terbuka ini ternyata jurus yang paling manjur untuk menghilangkan rasa malas. Bahkan banyak ide baru yang muncul. Sementara dirumah hanya pikiran buntu yang ada. So kamu harus keluar, dan tidak harus ditempat yang saya sebutkan ya. Intinya kamu membuat konten jangan dirumah (sementara) sambil melatih ide dalam pikiran.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya berikan hari ini, semoga bermanfaat. Teruslah berkarya. Ingat tujuan bloging bukan hanya untuk uang semata namun bagaimana kamu bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang banyak. Happy blogging....
Maskobus
Maskobus Hi, myself Maskobus, the founder of this blog. Being …