Tips Memilih Nama Domain yang Baik dan Benar - Celoteh Web

Tips Memilih Nama Domain yang Baik dan Benar

Diartikel ini kamu akan memperoleh Tips Memilih Nama Domain yang Baik dan Benar untuk personal website kamu atau bisnis kamu.

Salam semangat teman-teman blogger, hari ini saya akan sedikit mengulas tentang bagaimana cara memilih dan menentukan nama domain yang tepat untuk blog atau usaha. Kenapa saya membuat artikel ini? Ya, sebelumnya saya memperoleh inbox yang isinya kurang lebih seperti ini; "Mas gimana sih cara membeli dan menentukan nama domain?"

Nah dari pertanyaan inilah saya ingin berbagi untuk teman-teman semua, bukan hanya yang tanya saja tetapi bisa diterapkan oleh semua orang termasuk kamu.


Domain adalah nama situs atau web sebagai identitas website seseorang. Domain tidak bisa dimiliki oleh orang lebih dari satu, artinya jika domain (nama web) sudah dimiliki orang lain maka domain tersebut tidak bisa kita daftarkan (miliki).

Contoh: celotehweb.com adalah nama domain saya yang tidak akan bisa dimiliki orang lain, maka domain bisa diartikan sebagai brand. Pada dasarnya domain memudahkan orang menemukan dan mengingat sebuah situs yang dikunjungi.

Cara Memilih Domain yang benar

Tidak ada cara yang lebih spesifik dalam pemilih nama domain, namun yang perlu dipahami bahwa usahakan pemilihan nama yang mudah diingat dan mudah dieja. Contoh: celotehajak3n4pa.com dengan celotehaja.com lebih enak mana dieja dan dihafal? Nah itu salah satu cara termudahnya.

Cara lain yang selanjutnya adalah pilihlah nama domain sesuai nice yang akan kamu posting nantinya di web kamu. Maksudnya gimana mas? Gini, seandainya web kamu nanti akan mengangkat artikel tentang teknologi maka usakan namanya ada unsur teknologi kalau artikel nanti dominan tentang kuliner maka nama domain usahakan ada hubungannya dengan artikel tersebut.

Tips selanjutnya adalah Hindari penggunaan nama domain yang memakai angka atau simbol. Domain adalah identitas web maka buatlah domain yang profesional, hindari penggunakan angka atau simbol lain. celoteh1235.com, celoteh$@.com tentu terkesan kurang menarik bukan?

Tujuannya adalah memudahkan sesorang menenukan web kamu di search google dan dapat meyakinkan pengunjung nantinya tentang artikel yang kamu angkat. Contoh: domain kamu teknobagus.com nah dari nama ini sudah pasti keren jika isi konten/artikelnya membahas tentang dunia teknologi seperti handphone, computer, software, dll. Nah apa jadinya kalau diisi tentang cara memasak daging rendang 😋

Kalau dari sudut pandang saya yang awam ini sih lebih ditekankan keselarasan nama dan artikel yang mau diangkat. Jadi sebelum kamu membeli domain sebaiknya kamu pikirkan sebentar dan rencana apa yang akan kamu bangun di website itu nanti(artikelnya).

Mas dimana biasanya membeli domain?
Kalau domain saya hampir semuanya saya registrasikan di domain register Indonesia yaitu Qwords
menurut saya sih layanan yang diberikan Qwords cukup bagus dan supportnya selalu siap sedia 24 jam(penting). Pilihlah ektensi domain yang TLD (Top Level Domain). Seperti apa TLD itu?

Top Level Domain sangat diminati orang dan terkesan profesional, bagian dari TLD antara lain .COM, .NET, .ORG, .BIZ tentukan nama domain dan pilihlah ektensi TLD nya.

Kamu juga bisa menggunakan TLD ID (Top Level Domain Indonesia) seperti .CO.ID, .ID, .WEB.ID  semuanya tergantung kepada kamu sendiri, hanya saran saja gunakan ekstensi TLD atau TLD ID 

Semoga artikel singkat ini bermanfaat ya, tentu ulasan ini tidak cocok kepada kamu yang sudah jago atau sudah master. Berbagi itu indah 😍
Load Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel