Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tahu Cara Mudah Membuka Usaha dengan Toko Online?

Sudah Tahu Cara Mudah Membuka Usaha dengan Toko Online? Ada keinginan sobat untuk membuka usaha agar bisa menghasilkan pendapatan tambahan? Mungkin juga rasanya ingin merubah penghasilan tetap ada dari bekerja di kantor, dll. Ada kalanya kita tertantang ingin mencoba peluang yang baru. Saya pun demikian. Mencoba hal yang baru dalam dunia online itu sah-sah saja, karena jika kita tidak mengikuti perkambangan, kita akan kalah.

Bahwa tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebutuhan hidup semakin tinggi, kini pendapatan utama terkadang tidaklah mencukupi. Alhasil sobat dipaksa untuk mencari alternatif pendapatan yang lain, salah satunya adalah usaha sampingan. Ya, Bisnis Online adalah salah satu alternatif terbaik yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama kita.

Membuka Usaha Toko Online

Modal yang kita keluarkan untuk usaha sampingan bisnis online tidaklah besar seperti usaha konvensional, atau bahkan bisa Gratis kok. Yang perlu sobat lakukan adalah cerdas dalam memilih bisnis online, jangan sampai tujuan agar dapat keuntungan malah buntung(kerugian).

Cara Tepat Membuka Usaha Toko Online

Memilih bisnis sampingan dengan membuka usaha toko online adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam jangka panjang. Berikut adalah 5 cara yang sangat penting dalam membuka usaha toko online sobat:

1. Lakukan Riset: Mencari Pasar dan Produk yang Tepat untuk Berjualan

Langkah pertama ini langkah dasar untuk menentukan produk yang ingin sobat jual. Pikirkan dengan matang-matang, jangan mudah tergiur dengan model bisnis lain ketika sobat sudah menemukan niche yang didapat. Fokus, Mandiri dan Konsisten

  • Lihatlah disekitar sobat maka sobat akan menentukan apakah produk yang ditawarkan akan laku atau tidak.
  • Jadilah seorang pemecah masalah, jika menemukan masalah carilah produk atau jasa untuk menuntaskan masalah tersebut
Yang terpenting adalah lakukan riset, produk atau jasa apa yang cocok untuk ditawarkan. 

2. Mempunyai Toko Online

Dizaman sekarang ini semuanya serba mobile, dan Internet mampu merubah segalanya termasuk cara seseorang menjual dan belanja. Dengan memiliki Toko Online maka sobat dapat menjangkau calon pembeli dengan luas lagi, tidak hanya dilingkungan anda namun lebih luas lagi diseluruh penjuru bumi.

Ada banyak tempat untuk memulai jualan dengan toko online salah satu yang umum adalah jualan menggunakan social media seperti Facebook, Line, Instagram, dll namun ada juga yang menjual produk dagangannya dengan menggunakan marketplace; Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dll.

Berjualan menggunakan marketplace tentu GRATIS namun sobat harus bersaing dengan kompetitor lain, dan biasanya yang menjual produk yang sejenis cukup banyak di marketplace tersebut.

Jika sobat mau mengexplore lebih jauh dan ingin berjualan dengan toko online saya menyarankan menggunakan TokoTalk. Tokotalk adalah aplikasi untuk membuat toko online pribadi, tentu lebih branding dan tanpa saingan. Dan toko sobat memiliki ciri khas sendiri. Jika tertarik ingin menggunakannya silahkan pelajari disini KLIK TOKOTALK


3. Pelajari Pemasarannya

Setalah sobat memiliki toko online sendiri yang dibuat menggunakan TokoTalk langkah selanjutnya adalah promosi. Sebagus-bagusnya produk sobat, jika tidak melakukan promosi maka maka sia-sia. Promosi memegang peranan yang penting dalam kemajuan dan keberhasilan sebuah toko online. Promosi bisa menggunakan cara gratis maupun cara berbayar. Gunakan sarana promosi yang terbukti sukses dalam hal promosi, apa saja itu: Facebook, Google, Instagram, Forum, dll semuanya ini bisa sobat melakukan dengan teknik Free maupun Berbayar(saran).

4. Hati-hati dengan Manajemen Keuangan

Masalah keuangan merupakan salah satu penyebab utama gagalnya usaha toko online. Banyak yang bangkrut hanya karena gagal me-manage masalah keuangan. Solusi supaya bisnis terhindar dari kegagalan yaitu dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis supaya tidak tercampur.

5. Kembangkan ke Produk lain

Jika sobat sudah tahu rule dan berhasil di produk pertama, biasanya untuk produk yang kedua tidak akan jauh beda. Sobat sudah menguasahi pola dan bagaimana cara melakukan risetnya. Sobat hanya fokus kembali pada poin 1-4.

Nah demikianlah ulasan yang bisa saya berikan, intinya adalah sobat bisa berjualan apa saja menggunakan toko online fokus dan kosistenlah dalam berjualan dan tentu jangan malu ketika sobat mendengar kata "JUALAN". Salam profit!

Maskobus
Maskobus Hi, myself Maskobus, the founder of this blog. Being …