Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Konten Pertama Di Wordpress Setelah Installasi di Localhost

Halo sobat masih melanjutkan panduan wordpress ya. Kali ini bagaimana membuat artikel atau konten di wordpress, nah tentu ini yang ditunggu tunggu oleh sobat ketika proses installasi wordpress selasai.

Sebuah web tanpa artikel atau isi konten maka tidak akan gunanya sama sekali. Percuma buat tampilan bagus tapi artikelnya kosong. Konten dalam web adalah hal yang utama dalam membuat website, baik itu web personal, pemerintah maupun bisnis.



Oke deh, bagaimana cara membuat konten di wordpress?

Pertama sobat login ke admin web, jika lupa cara masuk ke admin (dasboar) wordpress maka silahkan akses seperti ini localhost/namafolder/wp-admin contoh punya saya localhost/webku/wp-admin.


Jika sudah berhasil masuk silahkan klik Posts kemudian klik Kategori terlebih dahulu. Mengapa harus kategori terlebih dahulu? Kategori berfungsi untuk mengelompokan artikel agar terlihat rapi. Dengan pembagian kategori yang baik maka setiap artikel yang dibaca memiliki korelasi(berhubungan) dengan artikel lain yang sama kategorinya. Ikuti dan sesuaikan kategori sobat seperti gambar diatas, kemudian Save maka kategori yang sobat buat akan terlist disebalah kanan.

Baca juga : Cara Termudah Membuat Form pada Website Wordpress

Setelah kategori sudah dibuat (usahakan jangan satu kategori ya) selanjutnya tahapan membuat artikel untuk dipublish. Masih di menu Posts klik Add New untuk membuat artikel baru dan selalu akhiri dengan Save.


Tidak ada yang sulit untuk memposting artikel diwordpress. Mungkin yang sulit itu "menulis isi artikelnya, topiknya, dll" namun seiringnya waktu sobat akan terbiasa kok!

Lakukan penulisan pada kolom yang sudah disediakan, seperti judul artikel isi artikel dan kategorinya apa. Nah lalu bagaimana cara menyisipkan gambar? Yes. Gambar memiliki peran yang harus dimasukan dalam sebuah postingan, tentu agar lebih menarik untuk dibaca.

 
Silahkan klik icon tersebut untuk mesaukan gambar(menyisipkan) pada sebua postingan, klik dan akan diarahkan ke halaman upload. Klik Upload dan cari gambar mana yang akan dimasukan dan terakhir klik Insert to Posts

 
Dan untuk mempublish artikelnya klik Publish(Terbitkan).

Nah begitulah cara bagaimana membuat postingan artikel di wordpress, silahkan dicoba dan jika kurang paham silahkan tinggalkan komen ya..! Salam praktek
Maskobus
Maskobus Hi, myself Maskobus, the founder of this blog. Being …