Memasang Web Push Notification One Signal pada Blogger - Celoteh Web

Memasang Web Push Notification One Signal pada Blogger

Sobat blogger sesuai judul artikel ini Memasang Web Push Notification One Signal pada Blogger (Blogspot). Sebelumnya apa sih One Signal itu. Web Push? Pentingkah semua itu untuk website?

Baik sobat, dalam dunia digital saat ini pengunjung web atau blog adalah aset bagi kelangsungan website kita atau bahasa mudahnya traffic. Percuma membuat website bagus, konten bagus tetapi tidak ada pengunjung nya. Iya kan, gak ada yang baca!



Lalu kalau sobat sudah mempunyai pengunjung tetap yang ramai dan ingin tetap menjalin komunikasi dengan mereka apa yang harus dilakukan agar mereka juga loyal terhadap situs kita? Ya, salah satunya adalah Memberikan Notifikasi (Informasi pada perangkat) yang mereka gunakan, apakah itu aplikasi, desktop, smartphone, email, dll.

Banyak situs besar menerapkan metode ini untuk tetap terhubungan dengan pengunjung web mereka. Nah kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana Memasang web push notifikasi agar dapat meningkatkan traffic ke blog dan menjadikan pengunjung menjadi loyal.

Apa yang dibutuhkan? Web Push One Signal

One Signal adalah layanan push notifikasi pihak ketiga yang cukup populer digunakan oleh website besar. Layanan yang ada di One Signal tidak hanya Web Push Notification saja tetapi ada layanan lain seperti Mobile Push, In-App, Email. Namun kali ini saya fokuskan pada Web Push saja.

Sudah saya singgung diawal fungsi Push Notification adalah
  • Meningkatkan Traffic. Dengan penargetan yang tepat maka informasi yang akan disampaikan dapat dilihat oleh pengunjung sobat dengan mengirimkan pemberitahuan melalui desktop atau mobile.
  • Memperluas Jangkauan Konten. Pengunjung nantinya dapat lebih mudah memperoleh update terbaru website sobat, sehingga tingkat dibaca konten sobat lebih tinggi
  • Penjualan. Tidak hanya konten atau artikel saja lho, dengan notifikasi yang benar maka sobat bosa mengirimkan promo produk :)

Cara Mendaftar Web Push Notifikasi One Signal

Silahkan sobat buka situsnya onesignal.com kemudian lakukan pendaftaran disana. Isi data yang dibutuhkan dengn benar seperti usernama, email, password. Jika sudah melakukan pendaftaran cek email segera untuk melakukan verifikasi.

Login dan lakukan pengaturan web push notifikasi


 
Silahkan sobat klik Add App untuk menambahkan nama aplikasi. Silahkan isi pada kolom App Name kemudian klik Add App. Sobat akan diarahkan ke halaman konfigurasi. Pilih Web Push kemudian klik Next


 Lakukan Pengaturan seperti dibawah ini

  • Choose Integration, sobat pilih Typical Site
  • Site Setup, pada site name silahkan isi nama web sobat, dan site URL isi dengan alamat URL web, dan aktifkan My site is not fully HTTPS dan pada Choose A Label silahkan isi dengan nama Web.
  • Permission Prompt Setup harus sobat isi. Klik Add Prompt kemudian pilih Subscription Bell kemudian lakukan pengaturan letak icon bell subscribe. Saran pilih Left kemudian Save.
    • Selanjutnya Klik Configure Http Pop-Up pada Permission Prompt kemudian klik Save
    • Klik Add Prompt lagi untuk menambahkan Slide Prompt previewnya ada disamping pengaturan. Kemudian klik Save
  • Welcome Notification isikan pada title dengan url situs sobat atau nama situs
  • Advanced biarkan default
Setelah semuanya diatur langkah terakhir adalah Save konfigurasi pengaturannya, kalau setingan sobat benar dan tidak error maka akan ditampilan code script yang akan dipasang di blog sobat.

 
Letakkan kode script yang sobat peroleh pada Tag <head> atau </head>. Silahkan masuk ke dasboard blogger sobat kemudian pilih Theme->Edit Html lalu Ctrl+F untuk menemukan </head> dengan mudah. Jika sudah ketemu pastekan code tersebut diatas </head> dan Simpan Theme.

Kemudian masuk lagi ke Dasboard One Signal nya dan klik Finish. Lakukan pengetesan apakah script tadi berjalan pada web atau belum. Buka situs sobat jika muncul Pop Up yang menyatakan pilihan Allow dan Cancel maka pemasangan Web Push Notification pada blogger sudah selesai.

Silahkan klik Allow jika muncul pop-up pada web sobat. Dengan mengklik Allow maka browser sobat sudah terdetect sebagai subscriber.

Lakukan pengujian pada Send Push Notification dengan cara klik Messages maka akan ditampilkan halaman Push. Klik New Push dan pada Message sobat isi dengan judul notifikasi dan Message isikan dengan isi pesan yang mau disampaikan. Pada Launch URL silahkan isi dengan URL tujuan jika notifikasi diklik oleh pengunjung. Tahap terakhir klik Confirm kemudian klik Send Message. Jika berhasil maka sobat akan menerima Notifikasi pada sudut kanan bawah.


Oke, itulah panduan bagaimana cara Memasang Web Push Notification One Signal pada Blogger silahkan dipraktekan ya. Explore sendiri untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda dan tentunya lebih baik. Salam semangat!

Load Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel