Menginstall Xampp Untuk Persiapan Dasar Membuat Website dengan Wordpress - Celoteh Web

Menginstall Xampp Untuk Persiapan Dasar Membuat Website dengan Wordpress

Menanggapi pertanyaan dalam inbox dan WA maka saya mencoba untuk segera mungkin merilis artikel tentang bagaimana membuat website secara offline. Membuat web secara offline biasanya dilakukan mereka yang ingin memaksimalkan webnya baik itu design, fitur, konten dan lainnya.

Intinya adalah dengan membuat web secara offline maka sobat dapat mempersiapkan dengan baik sebelum web sobat diakses oleh orang lain. Dengan kesiapan yang matang tentu web sobat terlihat profesional tanpa edit edit lagi tampilan web saat sudah online.

Lalu apa sih yang harus dipersiapkan untuk membuat web secara offline? Nah pada tahapan awal ini sobat harus membutuhkan Xampp. Xampp adalah sebuah aplikasi yang berfungsi menjadikan komputer lokal sobat menjadi server. Xampp gratis dan bisa didownload distus resminya di Apachefriends.



Artinya, komputer sobat bisa membuat web seperti Wordpress, Joomla, Dll dan bisa melakukan edit, konfigurasi, membuat konten (artikel) selayaknya web yang online, hanya saja web di local server (localhost) tidak bisa diakses pengunjung. Jadi hanya sobat saja yang bisa melihat webnya.

Ingat, bahwa fungsi Xampp adalah mengubah komputer lokal menjadi local server. Lalu bagaimana cara mengistall xampp?

Pertama tentu sobat download xampp disitus resminya dialamat ini Apachefriends.org dan silahkan pilih Xampp for Windows jika komputer sobat menggunakan OS windows.

Kedua, setelah didownload silahkan melakukan installasi xampp pada komputer sobat, Pilih lokasi pengistallan di local disk C:

Proses penginstallan cukup mudah dan ikuti saja petunjuk (Next) hingga selesai. Saya yakin sobat bisa melakukan ini tanpa perlu saya lampirkan gambar proses installnya. :)

Ketiga, setelah proses install selesai selanjutnya sobat bisa mengaktifkan xamppnya dengan cara klik Xampp pada desktop atau Start Menu (cari Xampp) kemudian pilih Xampp Control


Pastikan sobat klik Start pada Apache dan MySQL saja maka Xampp sudah aktif dan bisa digunakan untuk mengisntall Wordpress, Joomla atau aplikasi web lainnya.

Setelah semuanya berhasil diinstall dan tidak terjadi error pada Apache dan MySQL maka selanjutnya akan diajarkan bagaimana membuat website berbasis Wordpress secara offline. 

Load Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel