PENGERTIAN VIRUS CORONA ( Middle East respiratory syndrome coronavirus ) : FAKTA , ,PENCEGAHAN, PENULARAN DAN GEJALA - Celoteh Web

PENGERTIAN VIRUS CORONA ( Middle East respiratory syndrome coronavirus ) : FAKTA , ,PENCEGAHAN, PENULARAN DAN GEJALA


Serangan virus corona untuk saat ini sudah mencapai beberapa negara besar seperti Asia, Eropa hingga Amerika. Berawal dari pasar hewan liar di kota Wuhan, China virus ini berkembang dan menular dengan begitu cepat lewat udara sehingga butuh pencegahan ganda agar tidak tertular oleh virus satu ini. Sehingga tidak mengherankan jika banyak negara yang sudah membenarkan adanya serangan virus ini lekas memperketat keamanan agar virus ini tidak masuk dan menginfeksi. 

Dikutip dari web MD, virus corona ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya namun dalam jangka waktu tertentu jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat bisa menimbulkan wabah yang benar-benar mematikan, ada beberapa jenis virus corona yang memiliki dampak ringan hingga benar-benar berbahaya untuk manusia. 


Beberapa jenis virus yang ringan akan menginfeksi beberapa organ dalam tubuh manusia seperti hidung, tenggorokan dan sinus. Virus corona yang berbahaya adalah mengakibatkan sekitar 585 kematian yang muncul pada tahun 2012 di Arab Saudi, namun sebelumnya corona virus ini sendiri sudah menyebabkan kematian lebih dari 774 orang di tahun 2003 akibat Severe Acute Respiratory Sydrome ( SARS ).


Fakta dan Opini Virus Corona Sekarang Ini


Virus Corona yang menyerang kota Wuhan, China ini bermula dari sebuah pasar pemotongan hewan liar yang ada di kota tersebut, banyak ilmuwan yang menyimpulkan bahwa virus ini berasal dari hewan-hewan liar yang hendak dijadikan santapan masyarakat lokal seperti katak dan kekelawar. Meskipun pendapat dari beberapa ilmuan yang sudah meneliti hal ini, masih banyak orang yang percaya bahwa virus corona ini adalah senjata biologi di kota Wuhan yang bocor atau lepas, meski teori konspirasi ini masih sedikit yang mempercayainya, tetapi cukup untuk berdampak terhadap psikologis masyarakat disana. 


Virus corona ini sudah mendapatkan tanggapan dari WHO juga yaitu merupakan virus tidak lebih berbahaya dari pada SARS maupun MERS, yang membuat virus ini berbahaya adalah penyebaran dan penularannya yang lebih cepat, hampir selama 27 hari sudah menginfeksi setidaknya 2.400 orang di kota Wuhan, belum lagi di negara-negara lainnya. WHO meriliss status dari virus corona ini menjadi fenomena outbreak atau jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah kejadian yang luarbiasa. Kasus virus Corona di sementara di dominasi oleh China sebagai lokasi asal penyakit -Thailand – Jepang – Korea Selatan – Nepal – Prancis – Vietnam – Hingga Amerika Serikat.


Asal mula munculnya virus ini ditularkan antar manusia lewat media udara, sehingga sangat penting bagi anda yang dekat dengan lokasi pasien virus corona hendaknya memakai masker tertutup.


Pencegahan Virus Corona


Pada dasarnya penularan virus ini terjadi karena pola hidup bersih dari setiap orang, bila anda tidak bisa menjaga pola hidup yang bersih maka dengan mudahnya bisa terkena virus ini. WHO merilis langkah-langkah yang cukup untuk meminimalisir tertular virus 2019-nCov secara khusus, silahkan baca informasinya dibawah ini mengenai pencegahan virus corona.  

  • Sering mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri atau antikuman yang banyak tersedia untuk saat ini, ataupun anda bisa menambahkan sedikit cairan alkohol khusus pemebersih tangan agar lebih steril. 
  • Bilamana anda sedang tidak enak badan, atau sedang flu/batuk, bawalah saputangan dan masker yang menutupi mulut. Penderita flu yang keluar rumah tanpa memakai masker bisa terkena virus yang berbahaya karena sistem imun sedang melemah. 
  • Kurangi kontak langsung dengan penderita flu atau batuk, karena kita juga tidak tahu jenis penyakit apa yang diderita orang tersebut. Lebih baik hindari dahulu orang-orang yang sedang batuk atau flu meskipun keluarga maupun saudara sendiri. 
  • Bilamana anda mengalami gejala seperti batuk, demam dan sesak nafas, silahkan langsung pergi ke dokter terlebih dahulu. Jangan membeli obat biasa yang tidak sesuai dengan penyakit yang anda alami. Konsultasikan kepada dokter. 
  • Selalu gunakan sarung tangan dan masker bila pergi ke pasar untuk menghindari penularan virus dan kuman berbahaya. Virus corona sendiri berasal dari pasar hewan liar yang berada d Wuhan, China. 
  • Hindari konsumsi hewan liar yang sebenarnya tidak layak untuk di konsumsi seperti kekelawar dan katak hutan. 
Sebagaimana yang kita tahu, virus ini bisa dengan mudah menular lewat udara sehingga anda perlu waspada jika bepergian ke luar rumah. Karena sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa menyembuhkan serangan dari virus corona ini. Jadi lebih baik tetap jaga pola hidup yang sehat dengan menyantap makanan yang higenis dan kaya nutrisi.

Gejala Virus Corona


Penting untuk anda ketahui bahwa gejala dari virus corona ini begitu familiar dan hampir semuanya pernah di alami oleh orang-orang, hanya saja untuk proses gejala ini waktunya lebih lama di bandingkan gejala penyakit lain yang pernah menyerang tubuh manusia. 


Gejala dari virus corona ini sendiri mulai dari demam, batuk, sesak nafas yang bertahan hingga 2 minggu, infeksi ini akan mulai terasa 2 hari setelah tubuh terinfeksi virus corona. Bilamana anda mengalami gejala seperti yang sudah kami sebutkan diatas, lekaslah pergi untuk memeriksakan kesehatan anda di rumah sakit. Hindari kontak langsung seperti berbicara dengan orang terdekat tanpa masker, maupun bersin sembarang tempat.


Nah itulah beberapa informasi mengenai pengertian virus corona, gejala dan beberapa informasi seputar virus corona yan saat ini sedang booming. Terimakasih.
Load Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel