Membuat Website Pertama dengan Wordpress di Localhost - Celoteh Web

Membuat Website Pertama dengan Wordpress di Localhost

Halo sobat celoteh, sesuai janji saya pada postingan tentang Mengistall Xampp maka hari ini saatnya yang ditunggu-tunggu bagaimana Membuat Website Pertama dengan Wordpress di Localhost (komputer lokal).

Pada tutorial kali ini saya fokus pada Wordpress ya, artinya sobat bisa mengexplore lebih luas lagi selain wordpress :D. Oke, tahapan apa sih yang harus sobat persiapkan dalam proses pembuatan web wordpress?



Pertama, sobat siapkan dahulu data/file wordpressnya. Silahkan sobat download disitus resminya yaitu Wordpress.org. File wordpress yang didownload berformat ZIP, maka sobat wajib extrak. Setalh diextrak maka sobat akan menemukan file Folder dengan nama Wordpress.

Kedua, silahkan sobat copy folder wordpress nya dan kemudia pindahkan file folder tersebut ke directori C: Xampp kemudian pilih Htdocs lalu pastekan di sana(file wordpress tadi harus diletakan didalam folder htdocs. Kemudian rename folder wordpress dengan nama web atau identitas lain untuk membedakan jika akan membuat website lebih dari satu.


Pada contoh ini, folder wordpress saya ganti(rename) menjadi webku. Sobat boleh membuat nama file lain selain webku. Ingat penamaan ini untuk mudah mengingat saja, saran saya gunakan nama web yang akan dibuat. Jika sobat akan membuat web memasak maka boleh gunakan nama  dapur, webmasak, dll.

Ketiga, ketika folder wordpress yang berada di xampp htdocs direname, selanjutnya Nyalakan Xampp agar bisa dijadikan local server dan untuk install wordpress. Pastikan klik start pada xampp sobat pada Apache dan MySQL nya ya (wajib).



Ke empat, silahkan sobat membuat database wordpress. Proses installasi wordpress membutuhkan Database maka sobat wajib mempersipakan nama database terlebih dahulu sebelum melanjutkan ya. Bagaimana cara membuat database wordpress di localhost? Sobat bisa mengakses localhost/phpmyadmin (pastikan xampp sudah On)


Setalah sobat membuka localhost/phpmyadmin maka akan ditampilkan halaman utama phpmyadmin. Di phpmyadmin inilah sobat akan membuat Database. Untuk membuat database silahkan klik Database kemudian isi databasenya (bebas, tanpa spasi) kemudian klik created.



Ketika sobat klik Created maka database sudah selesai dibuat dan akan terlihat dimenu sebelah kiri. Langkah pembuatan database selesai dan berhasil sobat buat.

Ke Lima, proses installasi wordpress. Setelah semua dilakukan dari nomor 1 hingga 4 maka langkah selanjutnya adalah proses install wordpress itu sendiri. Tidak butuh waktu lama dalam proses installasi.

Baca juga : Pengaturan dasar dasboard admin Wordpress (menu settings)

Cara install wordpress di localhost

Silahkan sobat akses folder sobat yang sudah dibuat tadi pada browser sobat. Ketikan localhost/webku (ingat webku adalah folder yang sudah direname, sesuaikan punya sobat sendiri). Maka nanti akan terbuka halaman installasi wordpress.

NB: Proses install dan seterusnya sobat tidak membutuhkan koneksi internet kok, tapi kalau mau tetap terhubung juga gak masalah



Pada langkah ini sobat silahkan pilih bahasa, saran saya gunakan bahasa inggris dengan menekan pada English (United States) kemudian klik Continue. Setelah itu sobat klik Let's Go! untuk melanjutkan proses installasi.


Oke, selanjutnya silahkan lihat pada gambar diatas ya, dan pastikan Database Name sobat tidak lupa. Database name ada pada phpmyadmin yang sudah sobat buat sebelum install wordpress. Silahkan baca ulang jika lupa hehehe. Untuk username wajib menggunakan root (hak akses tertinggi) dan kemudian password harus dikosong (karena dibuat dilocalhost), selanjutnya klik Submit. Jika tidak ada error pada database maka akan muncul kata Run the installation (klik) untuk melanjutkan.



Silahkan sobat sesuaikan isian seperti diatas. Site Title adalah judul website sobat, bukan judul artikel ya, namun judul identitas website sobat. Kemudian untuk Username bisa menggunakan admin atau nama lain tanpa spasi. Untuk password usahakan Strong (kuat) gunakan kombinasi huruf besar,kecil dan angka untuk memperoleh password yang strong. Masukan email pada kolom yang disediakan dan terakhir klik Install Wordpress.


Selamat ya sob jika selesai ke tahap ini. Proses install web wordpress berhasil dna sobat bisa masuk ke admin (dasboard) web sobat. Silahkan klik Log In untuk masuk ke admin. Untuk pengaturan admin akan dibuatkan panduan tersendiri ya, so pastikan selalu update dan pantau celotehweb.com ya!

Ohya sobat sudah bisa melihat web sobat kok, dengan cara ketik kembali localhost/webku (sesuai nama folder) dan berikut tampilan web saya:

Tunggu pengatuaran adminnya ya..(next artikel). Semangat!!

Load Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel