Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menginstall Plugin Wajib Untuk Optimasi Web Wordpress (All in One SEO Pack)

Berbeda dengan web dengan blogger(blogspot), Wordpress sangat kaya dengan plugin untuk mengoptimalkan tampilan, kinerja, sharing, dll. Itulah mengapa banyak orang membuat website dengan wordpress.

Wordpress selalu dikembangkan oleh developernya sehingga menjadikan plugin-plugin baru bermunculan baik yang berbayar maupun yang free (gratis).



Pada tutorial kali ini saya akan memberikan plugin rekomendasi untuk sobat yang pemula. Plugin ini juga saya pasang pada website pribadi. Tentu saya tidak akan menjelaskan secara detail fungsi plugin tersebut, namun gambaran umum fungsi akan saya coba jelaskan.

Plugin apa saja yang wajib di install pada web wordpress?

Plugin SEO, plugin ini berfungsi untuk mengoptimalkan mesin pencari supaya web sobat mendapat peringkat teratas search engine (google, yahoo, dll). Apa nama pluginnya? Nama plugin ini adalah All in One SEO Pack, sobat bisa mendapatkan dan menginstall plugin ini secara gratis walupun ada versi yang berbayarnya.

Cara Install Plugin All in One SEO Pack

Untuk menginstall plugin (semua plugin) caranya dengan klik menu Plugins kemudia klik Add New selanjutnya masukan nama plugin di kolom Seach seperti gambar dibawah


Jika berhasil maka akan tampak daftar kata kunci tersebut. Karena akan menginstall plugin All in One SEO Pack maka pilih plugin tersebut dan klik Install. Biarkan proses installasi selesai. Jika sobat tidak bisa menemukan plugin tersebut sobat bisa mencarinya di Google dan kemudian Mendownloadnya. Setelah download baru diinstall dengan cara klik Upload Plugin. Namun jika koneksi internet sobat mendukung, biasanya pencarian dari kolom search tersebut sudah bisa kok.

Jika proses install selesai selanjutnya klik Activate dan akan ditampilkan General Settings. Klik dan lakukan konfigurasi.


Bagian penting saat konfigurasi adalah pada Home Page Settings silahkan isi Home titlenya dengan judul situs sobat (identitas) sedangkan Home description bisa sobat isi dengan Deskripsi dari web itu sendiri.


Jika sudah selesai jangan lupa klik Update Options (Save)

Masih pada plugin All in One SEO Pack sekarang klik Feature Manager untuk mengaktifkan fitur-fitur yang ada pada plugin tersebut.


Fitur ini untuk memaksimalkan kinerja dari plugin All in One SEO Pack nya maka sobat harus mengaktifkan dengan cara klik Activate pada fitur XML Sitemaps, Social Meta, Robots Txt, File Editor, Importer & Exporter, Bad Bot Blocker.

Ohya sob untuk plugin lainnya akan diposting tersendiri ya, biar tidak terlalu banyak dan bingung. Plugin yang lain dan wajib diinstall yaitu: Backup Website, Keamanan Website, Kecepatan Website, Sosial Media, Menghapus Komentar Spam, Membuat Form

Jadi mohon bersabar dan tetap pantau terus web celotehweb ya...! Salam praktekk




Maskobus
Maskobus Hi, myself Maskobus, the founder of this blog. Being …