Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh


Sebagai orang awam yang belum tahu mengenai sistem imun tentu tidak akan peduli karena menurut mereka selama tubuh bisa menjalankan aktivitas maka dianggap masih sehat. Nah pandangan seperti itu boleh-boleh saja, tetapi yang harus anda ketahui disini adalah tidak semua orang yang sehat itu memiliki sistem imun yang tinggi, terkadang ada orang yang sehat namun sistem imunnnya rendah dan kapan saja bisa jatuh sakit karena serangan dari bakteri ataupun kuman penyakit lainnya. Jadi kalau anda saat ini sedang menjaga kesehatan tubuh, maka tingkatkan juga sistem imun di dalam tubuh agar kesehatan juga selalu terjaga sepanjang hidup. 

Nah pada artikel kali ini kami hendak berbagi informasi kepada anda seperti apa caranya meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar kesehatan selalu terjaga, silahkan simak informasinya dibawah ini dengan seksama.

Tips Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh

1. Pola Hidup yang Sehat
Salah satu cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat, pola hidup yang sehat itu cukup banyak caranya mulai dari konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, kebiasaan yang sehat dan menjalankan aktivitas yang sehat. Nah ketiga komponen ini harus sering anda lakukan agar sistem imun tidak menurun. Makanan yang kaya nutrisi itu mulai dari sayuran, buah-buahan dan daging, kemudian untuk aktivitas pendukung yang bisa dilakukan contohnya adalah berolahraga di pagi atau sore hari seperti jogging atau senam.

Baca juga 10 Hal Tentang Virus Corona Yang Harus Anda Ketahui

2. Istirahat yang Cukup
Kemudian cara kedua untuk menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan sistem imun adalah istirahat yang cukup, tubuh yang tidak mendapatkan istirahat yang cukup jelas akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh itu sendiri. Contoh saja di malam hari waktunya untuk tidur cepat, tetapi di pakai untuk bergadang ataupun kesulitan tidur juga berpengaruh terjadap kesehatan tubuh kita. Umumnya setiap orang dewasa membutuhkan waktu istirahat atau tidur minmal 7 jam dan maksimal 9 jam, sedangkan untuk remaja lebih membutuhkan banyak waktu tidur mulai dari 9 – 11 jam. Pada dasarnya tidur mampu menambah stamina tubuh dan menyegarkan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Menghindari Stres Berat
Kita tahu kalau orang yang stress seringkali terserang penyakit seperti stroke dan serangan jantung, dua penyakit ini seringkali datang tiba-tiba ketika pikiran sedang penat dan stress. Untuk karena itu, anda harus bisa menghindari stress baik dalam kehidupan berkeluarga, pekerjaan dan bisnis lainnya. Cobalah untuk pergi berlibur atau tenangkan pikiran dengan aktivitas lainnya. Stress yang berlebihan akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang dalam jangka panjang akan menurunkan fungsi kekebalan tubuh anda sendiri. Cara terbaik untuk menghindari stress yang berlebihan adalah berlibur, bercerita kepada kerabat, mencari solusi secepatnya, minum kopi, makan cokelat, dan lain-lain.

4. Rutin Berolahraga Seminggu Sekali
Bagi anda yang saat ini disibukkan dengan pekerjaan, tetap luangkan waktu di hari libur atau jika sempat ada waktu untuk berolahraga seperti jogging, senam atau aktivitas lain yang mampu mengeluarkan keringat. Tubuh yang jarang berolahraga akan membuat otot-otot  bisa kram mendadak ketika melakukan aktivitas yang tinggi. Nah inilah kenapa anda perlu melatih otot tubuh agar tetap sehat dan mampu meregang dengan baik pada saat menjalankan aktivitas tertentu. Olahraga seperti renang, jogging, senam dan jalan kaki adalah cara terbaik untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Atau mungkin jika anda tidak sempat berolahraga setiap harinya, cobalah untuk pergi bekerja dengan memakai sepeda motor jika jarak tempuh ke tempat kerja masih bisa di jangkau dengan sepeda.

5. Menghindari Rokok dan Konsumsi Alkohol
Rokok adalah salah satu penyebab kerusakan pada organ tubuh yaitu bagian paru-paru, kalau anda setiap hari menghabiskan 12 batang rokok maka kesehatan jelas akan semakin menurun. Terlebih sistem imun di dalam tubuh juga akan menurun karena setiap kali anda menghisap asap rokok memberikan racun kepada orang tubuh kita. Lebih baik hindari rokok mulai saat ini juga dan jika bisa mulailah mengganti kebiasaan rokok dengan makan permen. Nah kebiasaan lain yang membuat sistem imun menurun itu adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, ada baiknya anda mulai saat ini menghindari alkohol karena sifatya tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Alkohol ini akan merusak organ ginjal yang mana terlalu sering memproses cairan asam tinggi. Perlu untuk anda ketahui, kedua barang ini akan merusak organ tubuh anda dan menyebabkan infeksi pada paru-paru.

Baca juga Pengertian Virus Corona

6. Konsumsi Susu
Susu merupakan salah satu jenis minuman asli dari sapi perah yang memiliki banyak manfaat dan kandungan nutrisi di dalamnya, susu sapi seringkali dijadikan sebagai formula utama untuk bayi yang artinya ada banyak kandungan nutrisi kompleks yang bisa anda dapatkan dari sana. Nah susu sapi yang baik bukan langsung di dapatkan dari peternakan namun sudah melewati uji laboratorium dan proses penghilangan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan. Mungkin selama ini anda salah kalau minum susu sapi langsung dari peternakan itu menyehatkan, padahal susu sapi yang belum melalui proses strelisasi masih banyak mengandung bakteri meskipun tidak terlalu berbahaya.

Nah sampai disini informasi dari kami mengenai cara meningkatkan sistem imun dalam tubuh yang mungkin saja bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda terkait kekebalan tubuh. Ayo jaga kesehatan tubuh kita dengan gaya hidup yang lebih sehat.
Maskobus
Maskobus Hi, myself Maskobus, the founder of this blog. Being …