Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Termudah Membuat Form pada Website Wordpress

Masih melanjutkan tutorial pembuatan website dengan wordpress ya sobat. Sekali lagi bahwa panduan ini untuk pemula banget, jadi panduannya pun sengaja saya buat terpisah-pisah agar mudah dipahami dan gak terlalu panjang.

Namun sobat juga bisa sambil mengeksplore sendiri agar lebih menguasahi dasboar dari wordpress sehingga lebih nyaman dan enjoy dengan wordpress 😃

Baca juga : Menginstall Plugin Wajib Untuk Optimasi Web Wordpress (All in One SEO Pack)

Panduan hari ini Membuat Form dengan Wordpress. Kenapa butuh form? Dalam sebuah website form adalah kelengkapan yang wajib dimiliki oleh pemilik web. Fungsi form tentu untuk Kontak. Dengan adanya form kontak maka pengunjung blog juga bisa berinteraksi dengan sobat, baik itu kritik saran atau bentuk kerjasama. Intinya form memudahkan mereka menghubungi anda.


Plugin Form Wordpress

Untuk memudahkan dalam pembuatan form di wordpress maka membutuhkan Plugin Contact Form 7. Plugin ini sudah menjadi plugin wajib untuk diinstall di web sobat. Karena pengaturannya yang mudah menjadikan plugin ini banyak dipakai dan developernya pun selalu mengupdate secara berkala agar bisa digunakan pada versi wordpress sekarang.

Cara install plugin tidak perlu saya jelaskan secar detail ya, karena semua plugin installnya sama. Bisa menggunakan search atau download plugin terlebih dulu. Cara install bisa lihat diartikel sebelumnya ya sob. Klik disini untuk melihatnya. Untuk download contact form 7 bisa disini.

Pengaturan Plugin Contact Form 7

Setelah selesai install contact form 7 silahkan lakukan pengaturan. Klik pada Contact kemudia pilih Contact Forms dan disana akan ada contoh contact form yang sudah dibuat. Sobat bisa edit atau buat yang baru.

 
Pada langkah ini saya akan mengedit contact form yang sudah ada yaitu Contact form 1 seperti pada tampilan ditempat sobat. Pilih Edit untuk melakukan perubahan. Silahkan ganti judul form nya dengan nama form baru (sesuai yang diinginkan). Disini saya mengganti menjadi Contact. Pada Mail silahkan isi dengan alamat email sobat. Ini berfungsi jika ada pengujung yang mengisi atau menghubungi melalui kontak form maka akan diteruskan ke email sobat tadi.

 

Dan terakhir untuk menyelesaikan fungsi form adalah Save. Selanjutnya meletakan atau memasang form kontak pada halaman. Silahkan klik Contact Forms terlebih dahulu dan lihat pada Shortcode. Silahkan salin shortcodenya dan taruh di notepad.
 

Selanjutnya klik menu Page dan Add New kemudian isi dengan Kontak atau Hubungi Kami, dll (bebas). Jangan lupa pilih mode HTML karena akan menaruh shortcode tadi.

 
Kemudian Save atau Publish dan lihat hasilnya. Jika benar maka sobat akan melihat tampilan halaman Kontak Form.

Bagaimana, mudah bukan? Begitulah Cara Membuat Form pada Website Wordpress dengan plugin contact form 7. Salam praktek!
Maskobus
Maskobus Hi, myself Maskobus, the founder of this blog. Being …